Rabu, 13 Februari 2013

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA

Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Mutiara Persada
Jl. Lamongrejo No 45 Lamongan
Lamongan.


Dengan hormat,

Bpk. Rudy Setyawan, seorang asisten di PT. Mutiara Persada, menginformasikan kepada saya tentang rencana pengembangan dan penambahan tenaga di Departement Marketing PT. Mutiara Persada.
Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini perkenankan saya mengajukan diri untuk bergabung serta menjadi bagian dalam rencana pengembangan PT. Mutiara Persada tersebut.

Mengenai diri saya, dapat saya jelaskan sebagai berikut :
Nama : ......................................
Tempat & tgl. lahir : ......................................
Pendidikan Akhir : ......................................
Alamat : ......................................
Telepon (HP) : ......................................
e-mail : ......................................
Status Perkawinan : ...................................... (single/nikah)

Saat ini saya bekerja di PT. hisup Sejahtera, sebagai staf Marketing, dengan fokus utama pekerjaan di bidang promosi.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

Daftar Riwayat Hidup.
Foto copy ijazah S-1.
Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
Pas foto terbaru.

Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.

Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.

Hormat saya,


Ahmad Fahmi

Doa Solat Jenazah


صَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى جَنَازَةٍ فَحَفِظْتُ مِنْ دُعَائِهِ وَهُوَ يَقُولُ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلًا خَيْرًا 

مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ قَالَ حَتَّى تَمَنَّيْتُ أَنْ أَكُونَ أَنَا ذَلِكَ الْمَيِّتَ


“Suatu ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menshalatkan jenazah, dan saya hafal do’a yang beliau ucapkan: “ALLAHUMMAGHFIR LAHU, WARHAMHU, WA ‘AAFIHI, WA’FU ‘ANHU. WA AKRIM NUZULAHU, WA WASSI’ MUDKHALAHU. WAGHSILHU BILMAA`I WATS TSALJI WAL BARADI, WA NAQQIHI MINAL KHATHAAYAA KAMAA NAQQAITATS TSAUBAL ABYADHA MINAD DANASI. WA ABDILHU DAARAN KHAIRAN MIN DAARIHI, WA AHLAN KHAIRAN MIN AHLIHI, WA ZAUJAN KHAIRAN MIN ZAUJIHI. WA ADKHILHUL JANNATA, WA A’IDZHU MIN ‘ADZAABIL QABRI, AU MIN ‘ADZAABIN NAAR. (Ya Allah, ampunilah dosa-dosanya, kasihanilah ia, lindungilah ia, dan maafkanlah ia. Muliakanlah tempat kembalinya, lapangkan kuburnya. Bersihkanlah ia dengan air, salju, dan air yang sejuk, dan bersihkanlah ia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau telah membersihkan pakaian putih dari kotoran. Gantilah rumahnya -di dunia- dengan rumah yang lebih baik -di akhirat- serta gantilah keluarganya -di dunia- dengan keluarga yang lebih baik, dan istri di dunia dengan istri yang lebih baik. Masukkanlah ia ke dalam surga-Mu dan lindungilah ia dari siksa kubur atau siksa api neraka).” Hingga saya (Auf) berangan-angan seandainya saya saja yang menjadi mayit itu.” (HR. Muslim no. 963)

Contoh Proposal Usaha

Proposal Kegiatan Usaha Makanan Martabak Manis

I. Latar Belakang
Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal.


Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang tersedia dipasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan khas Indonesia, serta harga yang ditawarkan juga kebanyakan terlalu mahal.


Salah satu makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi sangat cocok menjadi makanan konsumsi untuk malam hari, dan sekaligus merupakan makanan yang juga cukup istimewa adalah "Martabak Manis".

Dengan pembuatan Martabak Manis yang dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis, serta akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.


Keberadaan Martabak Manis sebagai salah satu makanan dengan rasa yang enak, nikmat, dan juga lezat memang telah dikenal dari masa kemasa, sehingga usaha ini memang layak dikembangkan menjadi salah satu usaha kuliner alternatif di Indonesia.


Dengan hal tersebut, maka saya ingin membuat usaha makanan, yaitu usaha makanan "Martabak Manis" untuk dikembangkan menjadi usaha besar agar masyarakat tidak akan pernah lupa dengan masakan khas Indonesia tersebut.


II. Tujuan
  1. Tujuan saya memilih jenis usaha ini yaitu:
  2. Mencari keuntungan/laba
  3. Menarik minat konsumen untuk merasakan masakan yang sudah cukup terkenal
  4. Mencapai target penjualan
III. Segmentasi Produk

- Menganalisa potensi pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang dijanali tersebut dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat (konsumen)

- Menentukan objek pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dijangkau masyarakat (konsumen)

- Menetapkan target / sasaran pasar
Dalam menjalankan usaha harus menetapkan target/sasaran pasar usaha dengan cara melihat perbedaanya agar lebih mudah dijangkau oleh pembeli dalam membelinya.

IV. Keunggulan Produk
Keunggulan dari produk ini yaitu:

Memiliki berbagai macam-macam bentuk
Memiliki berbagai macam-macam rasa
Bahan produk yang higienis

V. Analisa Swot
Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT:

1. Strenght (Kekuatan)
Kekuatan dari produk ini adalah:
Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
1 (satu) produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa
Bahan produk yang terjamin dan higienis

2. Weakness (Kelemahan)
Kelemahan dari produk ini adalah:
Tidak tahan lama
Produknya mudah ditiru

3. Opportunity (Peluang)
Tempat Strategis
Fasilitas yang cukup memadai

4. Threath (Ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah

VI. Analisa 4P
1. Product (Produk)
Produk yang dijual adalah "Martabak Manis" yang merupakan makanan selingan sehari-hari
2. Price (Harga)
Harga perporsi Rp 12.000 karena harga ini sangat terjangkau dan relatif murah
3. Promotion (Promosi)
Dalam melakukan promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat dan dilakukan masa promosi pada setiap pembelian 1 paket dengan isi 5 porsi akan memberikan diskon 10% dari harga tersebut.
5. Place (Tempat)
Tempat yang dipilih yaitu di Jalan Jamin Ginting, Tepatnya didepan Kampus STIMIK NEUMAN, karena letaknya cukup strategis dan mudah dijangkau masyarakat (konsumen)

VII. Aspek Keuangan

1. Apsek Modal


- Bahan Baku

1. Terigu 2 kg     Rp 14.000
2. Telur 1 kg      Rp 12.000
3. Gula Pasir 1 Kg Rp 10.000
4. Air             Rp -
5. Garam           Rp  2.000
6. Soda kue        Rp  3.000
7. Blue Band       Rp  5.000
8. Pewarna kuning  Rp  3.000
9. Fermipan        Rp  3.000
                   ----------
                      53.000

- Bahan Taburan
1. Kacang tanah 1/2 kg   Rp  5.000
2. Meises                Rp  5.000
3. Keju                  Rp 11.000
4. Susu kental manis     Rp  7.000
5. Wijen                 Rp  5.000
                         -----------
                            33.000
- Modal
Bahan baku + Bahan taburan + Bahan baku tambahan + Ongkos angkut Rp 53.000 + Rp 33.000 + Rp 25.000 + Rp 500  = Rp 111.500

2. Perhitungan Keuntungan
Harga Jual: Rp 12.000 x 40 porsi = Rp 480.000
Harga Pokok Produk perunit:
Harga beli bahan baku     RP 2.150
Harga beli bahan tambahan RP 625
Ongkos angkut             Rp 500
                          ---------
                          Rp 3.275

Jumlah Hpp: Rp 3.275 x 40 porsi = Rp 131.000
Laba kotor                      = Rp 349.000

Biaya penjualan:
Biaya pembuatan brosur Rp 30.000
Biaya transportasi     RP 30.000
Biaya sewa tempat      Rp 25.000
Biaya listrik dan air  Rp 10.000
Biaya komunikasi       Rp 20.000
Biaya lainnya          Rp 10.000
                       ---------
                       Rp 125.000
Laba bersih            Rp 224.000

Perhitungan margin keuntungan

Rp 224.000
---------- x 100% = 46,66%
Rp 480.000

VII. Penutup 
Harapan saya untuk produk "Martabak Manis" Adalah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Disamping itu, saya mengharapkan supaya produk makanan ini tidak berkurang, karena produk ini sangat bagus dan berkualitas.

GERAKAN PRAMUKA

20 Pramuka Saka Bahari Kelilingi Lima Kota

Sekitar 20 orang anggota Pramuka Saka Bahari dari Lanal Karimun, diberangkatkan mengikuti Pelayaran Lingkar Nusantara II. Upacara pelepasan dilakukan Bupati Karimun, Nurdin Basirun di di Makolanal Karimun, Selasa (5/2).... 

 

Saka Bhayangkara Dukuhwaru Gelar Latihan Bersama

SLAWI – Sedikitnya 100 anggota Pramuka Satuan Karya Pramuka (Saka) Bhayangkara dari tiga pangkalan menggelar latihan bersama di Pelataran GOR Trisanja Slawi, Minggu (3/2). Ketiga pangkalan tersebut yakni Saka..'

 

Wabup Lepas Kontingen Pelayaran Lintas Nusantara

SIDOARJO - Wakil Bupati Sidoarjo H.MG Hadi Sutjipto, Jum’at (8/2/2013) melepas sedikitnya delapan anggota Saka Bahari Kwarcab Pramuka Sidoarjo,untuk mengikuti giat pelayaran Lintas Nusantara yang digelar... -